inspirasi itu dari mana sih???

Posted: Oktober 15, 2011 in Uncategorized

inspirasi itu dari mana sih???
pertanyaan yang cukup sederhana, dan nampaknya juga sederhana untuk dijawab, jawabannya dari diri pribadi

ya, dari diri pribadilah awal dan yang utama inspirasi itu muncul. karena semua informasi yang diterima itu akan diteruskan dulu ke optak dan kemudian diterjemahkan dengan tindakan tubuh, hubungannya dengan inspirasi??

begini, misalkan kita disuruh oleh guru di sekolah untuk membuat tugas karangan, awalnya pasti buntu dan gak jelas dong apa yang mau kita buat, kita pusing memikirkan akan akan dimulai dari mana untuk membuat karangan ini….

nah, bukankah kita langsung mencari inspirasi? bagi orang lain mungkin akan udah menemukannya, mereka bisa mendapatkan ide untuk menulis dari lingkungan sekitarnya, mulai dari kehidupan semut mencari makan, anjing dan kucing yang sedang berlarian untuk dikisahkan, dan bahkan sampai menceritakan guru yang dengan sabar membuimbing muridnya… nah, banyak sekali inspirasi dan ide untuk membuat karangan itu bukan?

bagi orang lain, mungkin akan sulit sekali untuk mencari ide atau inspirasi itu, karna pikirannya “terlalu sempurna” yang menuntut agar menghasilkan sebuah karangan yang “luar biasa hebat, sehingga pikirannya terbebani, dan ide itu tak kunju8ng muncul.

padahal, rangsangan dari luar tubuh (lingkungan) sama untuk setiap orang, dan tergantung bagaimana orang tersebut menanggapi rangsangan tersebut.
dan kita akhirnya sampai pada intinya, bahwa inspirasi itu datang dari pikiran kita sendiri. bagaimanapun rangasangn dari luar (seperti teman yang dengan “sukarela” menunjukkan tema dan arah karangan yang bagus, tapi jika pikiran buntu dan stuck untuk meneruskan tema tersebut, tetap saja “inspirasi” itu tidak akan datang…

lalu apakah inspirasi itu tidak bisa dibangkitkan dari tubuh?
nah, saya ada tips untuk membangkitkan inspirasi itu,
namanya 5W 1 H

apa itu?
what
where
when
who
whose
how

lengkapi saja itu semua dengan sebuah tema awal, misalnya tentang cerita perjalanan semut tadi, kita harus tahu dulu :
1. apa yang dicari si semut
2. kemana semut itu pergi
3……… dan lain-lain

kamu lengkapi saja hehehe…

mudahkan?
ayo berisnpirasi…🙂

Komentar
  1. yoriyuliandra mengatakan:

    Inspirasi??? kemana kau kan kucari???:mrgreen:

    Inspirasi itu dicetuskan dari otak, pastinya. Inspirasi muncul dari otak atas semua informasi yang masuk ke otak. Informasi yang masuk ini dapat berupa visual, audio, imajinasi, dll yang kita peroleh dari membaca, melihat, mendengar, dan juga dari berbicara. Makanya, perbanyak saja arus informasi yang masuk

  2. khairulalfikri mengatakan:

    da yori : iko sadang berusaha mancari inspirasi mah da hehehehe 😀

  3. Q Miun Qhisty mengatakan:

    Inspirasi adalah kekuatan jiwa yang paling super dengan inspirasi kita dapat mengubah segalanya bahkan dunia,trimss before yang punya blog kamu keren banget semoga tulisan tulisannya dapat aku baca senantiasa

  4. Erik Zulnaidi mengatakan:

    Mau cari inspirasi? silahkan kunjungi blog saya..^^hehehe, *promosi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s