akhirnya mulai juga

Posted: November 26, 2010 in pharmacy

alhamdulillah penelitian ini bisa dimulai. tidak sia-sia bolak balik rumah sakit 3 minggu untuk ngurus administrasi penelitian di rumah sakit akhirnya trbayar dengan ramah tamah kepala bangsalnya dalam menyambut mahasiswa yang mau penelitian. senang sekali rasanya dimudahkan dalam urusan disini amat kontras sekali dengan tempat lain yang harus berbelit-belit dahulu dalam berurusan.

yaaa.. walaupun orang lain hanya butuh 2 minggu untuk dapat memulai penelitian dah saya membutuhkan waktu 3 minggu.. hahahaa, tidak apa-apa, ini sebanding dengan hasil akhir yang diperoleh.. benar adanya bahwa setelah ada kesulitan pasti ada kemudahan (jika ditilik dengan baik maka sebetulnya tidak ada kesulitan sama sekali kecuali waktu saja, urusan administrasi ini bentrok dengan hari raya id adha dan berbgai rutinitas lainnya.

ada kisah menarik yang terjadi selama pengurusan ini, ketika orang lain pergi ke rumah sakit untuk beobat atau menjenguk maka saya sama sekali tidak keduanya, dan terjadilah percakapan itu, “siapa yang sakit nak?”, “gak apak, gak ada saya penelitian disini”, “oo.. dari universitas mana, fakultasnya apa?”, ‘UNAND, pak, saya dari Fakultas Farmasi”, “kamu asli sini atau dari daerah lain?”, ” saya asli sumbar pak. bapak dari daerah mana?”, “ambo dari sumbar juo..”……. haaa.. dari tadi sudah berbahasa indonesia ternyata sama-sama dari sumbar….

banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama menjaani peneitian, banyak sesuatu yang baru mulai dari hal yang sangat menyenagkan hingga yang kurang mengenakkan. Namun semua itu harus dijadikan peajaran dan batu loncatan baru untuk menjadikan diri lebih baik lagi.

pernah suatu ketika ada  dokter yang nanya “kamu dari mana?” dan saya jawab “saya dari farmasi” lalau saya mulai menerangkan bahwa saya sedang peneitian disini dan saya  malah bisa bertanya kepada beliau terkait peneltian tersebut.

bahkan saya juga pernah berdiskusi mengenai obat dan pengobatannya dengan perawat disana, dan terbukti pemahamn kita dikampus mengenai obat sangat dperlukan disana.

kita juga perlu tahu hal lain yang umum namun luput dari pengetahuan saya. begini ceritanya : ketika saya sedang mengambil data, ada pasien yang sedang konsultasi dengan dokter mengenai anaknya dan dokter tersebut menganjurkan untuk membeli obat di apotek yang melayani askes, nah pasien tersebut tidak tahu apotek yang melayani askes, lalu dokter tersebut nanya ke saya (dokter tersebut tahu saya anak farmasi yang sedang penelitian) dimana letak apotek yang melayani askes…….GUBRAKKKK, saya ga tau apotek mana…

ada lagi mahasiswa magang disana yang nanya mengenai rekam medik , padahal itu adalah kali pertma saya ke rumah sakit, dan secara halus saya mengatakan pada mahasiswa tersebut saya gak tau, dan  bilang “maaf saya tidak tahu, saya dari farmasi” karena pertanyaannya tentang diagnosa pasien, dokter yang pasti lebih tau. (mungkin dia pikir saya dari kedokteran hehehehe)

yang jelas, saya sangat gembira….. setelah nunggu dari bulan Februari, akhirnya penelitian ini dapat dimulai…. GANBATE…!!!!!

 

Komentar
  1. Novia Elisa mengatakan:

    salam..
    kunjungan pertama ni..

Tinggalkan Balasan

